Tempatnya Berbagi Modul dan Makalah Pendidikan

Sabtu, 02 Desember 2017

Sumber-Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya

Sumber-Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya - Peluang dapat berasal dari sebuah inspirasi, ide atau kesempatan yang muncul dan dimanfaatkan untuk kepentingan seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam usaha. Peluang atau kesempatan bisa bersumber dari berbagai macam hal, yaitu sebagai berukit :


1. Peluang dari Diri Sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar resiko kesuksesannya adalah peluang yang bersumber dari dalam diri sendiri. Alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Usaha membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat Anda bahagia dan sukses.
  2. Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau usaha tersebut.
  3. Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud. Untuk itu, bila Anda mampu mengerjakan, terampil, ahli, dan memiliki pengetahuan yang cukup, maka Anda akan cepat sukses. Usaha itu yang penting bersumber dari apa yang Anda punyai bukan yang orang lain miliki (foto copy).


Sumber-Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya_
image source: puducherry.locanto.in
baca juga:

Salah satu peluang yang berasal dari diri Anda adalah sebagai berikut:

a. Hobi

Hobi bisa menjadi awal dari kesuksesan seseorang dalam berwirausaha, bahkan usahanya bisa berkembang dan tumbuh pesat.
Contoh:
  • Bill Gates yang hobi mengotak-atik komputer, beranggapan bahwa mesin main frame yang diciptakan oleh IBM terlalu besar. Kemudian dia berpikir dan memperoleh inspirasi.
  • Banyak orang kesulitan untuk menggunakan mesin komputer yang besar, sebagian besar orang ingin komputer yang praktis, kecil, bisa diletakkan di atas meja canggih.
  • Ketidaksempurnaan sistem operasi yang ada dalam komputer telah menginspirasikannya untuk menciptakan DOS (Disk Operating System) yang kemudian berkembang menjadi Windows.
  • Dari gang septi Caladi No. 59, Marius Widyarto terinspirasi untuk membuat usaha kaos. Dengan berbekal hobi menyablon kaos, dia mulai memasarkan kaos produksinya pada teman-temannya. Ternyata banyak banyak temannya yang tertarik, dan mengira bahwa kaos tersebut berasal dari luar negeri. Inilah cikal bakal dari bisnis kaos yang terkenal dengan merk C59.


b. Keahlian

Keahlian yang Anda miliki dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian.

Contoh:

  • Pendiri dan pencipta mesin pencari (search engine) Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang ahli dalam matematika dari Stanford University, menemukan peluang usaha dari masalah dan kesulitan yang mereka hadapi.



c. Pengetahuan dan latar belakang pendidikan

Pengetahuan dan latar belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang paling potensial untuk menemukan peluang emas karena Anda sudah mengetahui, mempelajari dan memahami bidang yang Anda tekuni.
Contoh:
  • Seorang lulusan tata boga, menemukan peluang usaha dengan cara berkreasi membuat makanan dan minuman yang belum pernah ada (teori ketidaksempurnaan dan berpikir berbeda) untuk ditawarkan dan dicoba oleh teman-temannya (riset dan trial) hingga ia tahu jenis makanan dan minuman yang disenangi orang banyak.
  • Seseorang lulusan SMK jurusan teknik mesin yang terus mendalami bidang perbaikan motor atau mobil, akhirnya memahami bahwa usaha itu bersumber dari banyaknya keluhan dan kesulitan yang dihadapi pemilik motor atau mobil. Oleh karena itu, akhirnya ia hanya terfokus pada bidang tersebut. Misalnya, jasa AC mobil, aksesoris, perbaikan mesin motor, modifikasi motor dan mobil, pengecatan, atau yang lainnya.

2. Peluang dari Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul dari lingkungan, antara lain:
  1. Usaha atau bisnis orang tua. Dalam diskusi setiap harinya, orang tua Anda sering mencerikan kesulitan-kesulitan bisnisnya. Hal itu dapat mendatangkan inspirasi bila Anda hubungkan dengan latar belakang pendidikan, hobi, pengetahuan, dan keahlian yang Anda miliki.
  2. Lingkungan rumah, yaitu tetanggga, teman sekolah, dan teman main.
    Contoh:
    Bob Sadino mendapatkan inspirasi dan ide usahanya dari lingkungan tempat ia tinggal dan dari hal-hal yang setiap hari ia lakukan hingga menjadi sebuah peluang usaha. Diawali dari tetangganya, ia mendapatkan 50 ekor ayam hingga menghasilkan telur yang yang ditawarkan pada kaum ekspatriat di daerah Kemang. Lingkungan ekspatriat ternyata sangat peduli dengan faktor higienis, kebersihan, dan bebas pestisida. Inilah yang menginspirasinya untuk mengembangkan kebun sayur-sayuran organik dengan cara hidroponik.         (Ambadar, et.al. 2003)
  3. Saat Anda berkunjung keberbagai tempat.
 
3. Peluang dari perubahan yang Terjadi
  1. Perubahan lingkungan. Misalnya, terjadi pembangunan perumahan baru di sekitar kompleks tempat tinggal Anda, berarti terjadi perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan perubahan tingkat permintaan kebutuhan setiap keluarga. Muncullah peluang untuk mendirikan usaha baru guna memenuhi permintaan tersebut, seperti bisnis bengkel, servis komputer, bisnis renovasi, kebutuhan rumah tangga, toko buku dan toko kelontongan, mini market, transportasi, dan lain sebagainya.
  2. Perubahan musim.
  3. Perubahan gaya hidup.
  4. Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat umumnya.
  5. Perubahan tingkat pekerjaan yang semakin tinggi (berat), sehingga kebutuhan akan hiburan semakin tinggi pula.
  6. Perubahan teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi mobile phone (HP) dan internet sehingga memunculkan sistem penjuan online (toko online).
  7. Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan yang akan memunculkan peluang penjualan suku cadang, asuransi, aksesoris, dan bengkel.

4. Peluang dari Konsumen
Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru di antaranya :
  1. Keluhan-keluhan konsumen
  2. Saran-saran konsumen
  3. Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen
  4. Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu.
  5. Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa Anda.

5. Peluang dari Gagasan Orang lain
Gagasan Orang lainyang bersifat orisinal yang akan memunculkan sebuah peluang baru pula. Contohnya:  Teman Anda mempunyai ide agar sampah di sekolah tidak dibuang sembarangan dan dipisahkan menjadi sampah organik dan non-organik. Ide ini dapat dijadikan peluang bagi Anda untuk mendaur ulang sampah organik dan non-organik tersebut menjadi sesuatu yang berguna.


6. Peluang dari Informasi yang Diperoleh
Peluang dari Informasi yang diperoleh, antara lain:
  1. Anda memperoleh informasi tentang produk baru yang sedang tren dan mengetahui cara membelinya. Sementara, dikota lain belum ada produk tersebut tetapi iklannya sudah diketahui oleh masyarakat disana. Ini berarti sebuah peluang karena kemampuan konektivitas, yaitu menghubungkan antara yang masih kosong dengan kebutuhan produk yang sedang tren.
  2. Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya lebih mahal di tempat lain untuk produk yang sama. Ini juga sebuah peluangkarena adanya selisih harga.
  3. Informasi tentang kebutuhan produk tertentudan Anda tahu dimana bisa memperoleh produk tersebut.

Sekian artikel tentang Sumber-Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya. Semoga bermanfaat.
Kumpulan Contoh Makalah_
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sumber-Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya